Cegah DBD Semakin Meluas, Wali Kota Ajak Masyarakat Lakukan PSN Serentak di Lingkungan Masing-Masing

  • pemkotmadiun_
  • 24 Apr 2024 10:11:36

pinned

Cegah DBD Semakin Meluas, Wali Kota Ajak Masyarakat Lakukan PSN Serentak di Lingkungan Masing-Masing

MADIUN - Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih ada. Maka dari itu Pemkot Madiun terus mengajak masyarakat untuk melakukan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serentak di lingkungan masing-masing.

Hal tersebut seperti yang dilakukan Wali Kota Madiun, Dr. Maidi di lingkungan Kelurahan Manisrejo dan SMPN 11 Kota Madiun, Rabu (24/4). Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengukuhkan kader juru pemantau jentik (jumantik) di kantor kelurahan setempat.

Tak hanya itu, wali kota juga membagikan bubuk abate ke rumah-rumah warga. Lalu berlanjut ke lingkungan SMPN 11 Kota Madiun dan melakukan pengecekan di tempat-tempat yang terindikasi sebagai sarang nyamuk.

“Maka ini kita gerakan semua relawan jumantik kita perkuat kita turunkan. Insyaallah dengan seperti itu harapannya lingkungan bersih nyamuk hilang,” jelasnya.

Wali kota menambahkan, saat ini kasus DBD cukup menyita perhatian. Apalagi, terjadi peningkatan kasus dari tahun sebelumnya. Pada 2023, jumlah penderita mencapai 144 kasus dengan 1 kematian. Sedangkan, mulai Januari hingga 17 April 2024 terjadi 228 kasus dengan dua kematian.

“Maka perlu kerjasama dari semua pihak untuk menanggulangi DBD ini. Jangan hanya pemerintah saja yang bergerak tapi warga di lingkungan juga harus sigap dengan menggalakkan PSN,” tegasnya.

PSN, lanjut wali kota, dapat dilakukan dengan fokus pemberantasan sarang nyamuk baik di dalam maupun luar ruangan. Seperti, vas bunga, air minum burung, tempat penampungan dispenser, kolam ikan tidak terpakai, botol atau ban bekas di sekitar rumah, atau tempat penampungan air bersih lainnya.

“Kalau semua gerak DBD ini bisa kita atasi,” pungkasnya.
(ws hendro/kus/diskominfo)

Baca berita selengkapnya di

http://madiunkota.go.id/

#pemkotmadiun #madiun
#madiunkotapendekar
#IndonesiaBicaraBaik

#jatim #beritaterkini
#news #jawatimur #infojakarta
#indonesia #indonesiabagus
#madiun2024

#aseanindonesia2024
#aseanmatters
#aseanepicentrumofgrowth

#agendakotapendekar

Awak Sigap 112 Antrian Online