MADIUN – Event Madiun Lawu Challenge (MLC) rangkaian peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun cukup membuat penasaran. Bahkan, penggemar sepeda kawakan seperti Azrul Ananda jauh-jauh datang dari Surabaya untuk bertemu wali kota. Anak sulung mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan itu memang penggemar berat olahraga bersepeda. Dia dipastikan turut dalam MLC yang akan digelar 15-17 Juli mendatang.

‘’Iya jadi Mas Azrul ini kesini untuk membuat konten terkait Kota Madiun dan juga event bersepeda MLC. Kita tahu, beliaunya memang suka bersepeda dan beberapa kali sukses menggelar event bersepeda skala besar,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi, Selasa (28/6).

Aza –sapaan Azrul Ananda- tidak sekeda datang dan bertemu wali kota. Namun, juga membuat konten khusus untuk gelaran MLC tersebut. Konten juga sebagai sarana promosi. Aza ingin mengetahui secara langsung dari Wali Kota Maidi tentang Kota Madiun secara umum hingga yang melatarbelakangi hadirnya event MLC tersebut. Selain itu, juga hadir Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Madiun, Faizal Rachman. Tak heran, pembahasan terkait MLC semakin gayeng dan lengkap.

‘’Tentu saja terima kasih sekali, sudah ikut meramaikan Kota Madiun dalam rangkaian Hari Jadi. Semua event memang kita optimalkan. Tak terkecuali event bersepeda nanti,’’ jelasnya.

Sementara itu, Azrul Ananda mengaku senang dengan kepedulian ISSI dan juga Pemerintah Kota Madiun melalui Wali Kota Maidi yang sudah turut mempromosikan olahraga bersepeda secara serius. Sebab, suksesnya suatu kegiatan tentu tak terlepas dari peran serta dukungan pemimpin daerahnya. Aza menyebut Wali Kota Maidi cukup total dalam mendukung berkembangnya olahraga bersepeda di Kota Madiun.

‘’Sebagai penggemar sepeda yang cukup lama dan orang yang punya mimpi budaya sepeda di Indonesia bisa semakin maju, tentu sangat senang sekali ada pihak seperti Pemerintah Kota Madiun yang mempromosikan sepeda secara serius,’’ katanya.

Apalagi, lanjutnya, MLC ini menyentuh segala elemen. Mulai pemula, penghobi, dan juga urusan pembinaan atlet. Bagi pemula, tersaji event fun bike dengan rute keliling Kota Madiun. Untuk penghobi disajikan rute yang lebih menantang dengan finish di Cemoro Sewu. Sedang, urusan pembinaan disajikan kriterium di Stadion Wilis.

‘’Banyak daerah yang ingin menggelar seperti ini, tetapi elementnya kurang mendukung. Kota Madiun ini lengkap. Pemerintahnya mendukung, masyarakatnya suka bersepeda, dan juga alamnya. Di sini ada Gunung Wilis dan Lawu yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi sepeda,’’ pungkasnya. (nanda/agi/diskominfo)