MADIUN – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Madiun mengalami pergantian pengurus setiap 5 tahun sekali. Senin (27/6), prosesi pelantikan pengurus baru digelar di Gedung GCIO Kota Madiun. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi.

‘’FKUB itu organisasi kerukunan umat beragama. Bagian penyempurnaan dari pemerintahan. Maka, FKUB harus rukun karena mewakili semua agama,’’ tutur wali kota saat diwawancarai setelah acara.

Dalam prosesi pelantikan pengurus baru, wali kota pun memaparkan poin-poin tugas dan fungsi FKUB. Di antaranya, menjaga kerukunan umat beragama dengan meningkatkan toleransi, pelayanan, hingga pemberdayaan umat beragama.

Lebih lanjut, wali kota mengimbau agar FKUB bisa menjadi wadah masyarakat untuk menyelesaikan masalah. Khususnya, yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Salah satunya, izin pendirian rumah ibadah.

Dengan pengurus yang baru, wali kota berharap agar kondisi di Kota Madiun semakin aman, nyaman, dan damai.

Sementara itu, H.M. Dahlan ditunjuk sebagai ketua baru FKUB untuk periode 5 tahun mendatang. Selanjutnya, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II masing-masing adalah Drs. KH. M. Iskandar dan R.D. Robertus Joko Sulistyo. (Luki/irs/diskominfo)