MADIUN – Kota dan Kabupaten Madiun memang memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan, urusan Hari Jadi pun nyaris bersamaan. Kota Madiun berulang tahun pada 20 Juni. Sedang, Kabupaten Madiun tiap 18 Juli. Rangkaian peringatan Hari Jadi di keduanya juga saling bergantian. Setelah sejumlah kegiatan menarik di Kota Madiun, hal serupa juga mulai tersaji di Kabupaten Madiun. Salah satunya, Road to Kilau Raya MNC TV 2022, di Alun-alun Reksogati Caruban, Jumat (24/6) malam. Wali Kota Maidi juga hadir memenuhi undangan dalam acara tersebut.

Acara tampak meriah dengan bintang tamu artis nasional. Di antaranya, Inul Daratista dan Iis Dahlia. Tak heran, Alun-alun tampak. Maklum, setidaknya dua tahun lebih tidak ada kegiatan keramaian yang mendatangkan massa dalam jumlah besar lantara pandemi Covid-19. Karenanya, hiburan seperti itu seperti oasis di tengah gurun pasir.

Hal itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan rangkaian Hari Jadi di Kota Madiun. Sejumlah kegiatan yang dihadirkan selalu penuh dengan pengunjung. Mulai gelaran Madiun VolksWeekend, Madiun Coolinary Festival, Pagelaran Wayang Kulit, Parade Drum Band, hingga kejuaraan esports Mobile Legends Bang Bang. Kota Madiun, tidak pernah sepi pengunjung selama gelaran peringatan Hari Jadi tersebut.

‘’Pandemi sudah mulai mereda, tentu saja setiap daerah mulai gas ekonomi tetapi tetap rem Covid-19. Untuk ngegas ekonomi salah satunya ya dengan kegiatan-kegiatan seperti ini,’’ kata wali kota.

Ke depan, masih ada banyak kegiatan yang seru lagi menarik di Kota Pendekar. Di antaranya, Pekan Raya Kota Madiun yang saat ini tengah berlangsung, Pameran Pesona Pusaka, Madiun Sunatan, Deklarasi 5 Pilar STBM, Pagelaran Musik Tradisional, Festival Djajanan Madioenan, Grand Opening Bogowonto Culinary Fest, dan Madiun Lawu Challenge 2022. Bahkan, untuk Madiun Mantu akan ada pemecahan rekor MURI. Yakni, 104 pohon pisang sambung tuwuh. Ratusan pohon pisang itu nanti dipasang di trotoar Jalan Pahlawan dari Mapolres Madiun Kota sampai Rumah Dinas yang menjadi tempat pernikahan. Selain itu, juga melibatkan ratusan domas atau kembar mayang. Acara tersebut rencananya akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

‘’Rangkaian peringatan Hari Jadi yang berdekatan dengan Kabupaten Madiun ini juga bisa menjadi keuntungan tersendiri. Pengunjung bisa memiliki banyak pilihan saat berkunjung ke Madiun,’’ pungkasnya. (nanda/agi/diskominfo)