MADIUN – Wali Kota Madiun, Maidi memang gemar menyapa masyarakat secara langsung. Kali ini, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut menyambangi warga di Lapak Pilangbango, Kamis (16/6). Giat sapa warga yang dikemas dalam Ngobrol Pinter Kanti Gayeng (Ngopi Ireng) itu juga dihadiri sejumlah anggota DPRD Kota madiun.

Kegiatan tidak hanya sekedar silaturahmi. Tetapi juga ajang sosialiasi dan serap aspirasi. Wali kota memang membuka dialog dengan warga. Sejumlah pertanyaan pun muncul. Salah satunya, terkait rangkaian peringatan Hari Jadi ke-104 Kota Madiun. Warga berharap event-event peringatan juga digelar di lapak-lapak kelurahan.

Wali kota Madiun Maidi menyebut lapak UMKM memang menjadi sarana untuk menarik wisatawan datang. Karenanya, kegiatan di lapak memang perlu adanya. Wali kota mengembalikan kepada masyarakat untuk giat meramaikan lapak masing-masing. Wali kota menyilahkan masyarakat untuk menggelar kegiatan di tiap-tiap lapak tersebut.

‘’Ada banyak wisatawan yang masuk ke kota kita. Biarpun tujuannya ke tengah kota, sebagian wisatawan akan tetap mengunjungi lapak-lapak. Karenanya, lapak silahkan dikelola dengan baik agar wisatawan datang,’’ kata wali kota.

Wali kota juga mengajak masyarakat untuk selalu mengedepankan keamanan dan ketertiban lingkungan. Hal itu penting mengingat kondusifitas menjadi modal utama pembangunan. Kondufitas merupakan tanggung jawab bersama. Karenanya, masyarakat harus saling mengingatkan jika terdapat warga yang berpotensi mengganggu kondusifitas tersebut.

‘’Perguruan pencak silat harus menjadi contoh bagaimana menjaga kondusifitas ini. Bukan malah sebaliknya,’’ ungkapnya.

Wali kota juga membeberkan rencana pembangunan di Kota Madiun ke depan. Pembangunan tidak hanya di tengah kota. Namun, juga menyebar hingga ke daerah pinggir. Seperti pembangunan Embung Pilangbango yang akan dijadikan wisata bernuansa air. Embung akan menjadi salah satu destinasi unggulan wilayah Kecamatan Kartoharjo.

‘’Setiap potensi kita optimalkan. Jadi tidak hanya di tengah kota, tetapi kita ratakan sampai ke daerah pinggir,’’ pungkasnya. (lucky/agi/diskominfo)