MADIUN – Kuliner di Kota Madiun tidak hanya Pecel. Berbagai menu masakan nusantara juga akan tersaji di Kota Pendekar. Hal itu disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi saat Archipelago Food Festival (AFF) di Aston Hotel, Kamis (9/6) malam. Orang nomor satu di Kota Madiun itu berencana menambahkan berbagai menu masakan nusantara di lapak-lapak kelurahan ke depan.

‘’Pecel akan kita sandingkan dengan berbagai menu daerah lain. Jadi kota kita sebagai kota transit ini menunya harus lengkap. Orang datang mencari makanan yang diinginkan, ada. Tidak perlu cari kemana-mana,’’ kata wali kota.

Dalam AFF tersebut memang tersaji berbagai menu masakan dari berbagai daerah. Setidaknya, ada 104 menu. Selain makanan khas Kota Madiun, di antaranya tersaji menu dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, sampai Kalimantan. Wali kota menyebut Pecel Madiun tidak kalah dengan masakan-masakan daerah lain tersebut.

‘’Tadi sudah saya cicipi satu-satu. Pecel kita tidak kalah. Karena apa, karena lidah saya, lidah pecel,’’ ujarnya.

Wali kota berharap kegiatan festival makanan serupa bisa digelar rutin ke depan. Pesta makanan sekaligus pamer skill chef tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri. Wali kota menyebut kuliner memang menjadi wisata tersendiri di Kota Madiun. Karenanya, keberagaman kuliner akan terus dimaksimalkan.

‘’Harusnya setiap tutup tahun ada festival seperti ini. Nanti akan saya bicarakan dengan pimpinan Aston,’’ jelasnya.

AFF tersebut memang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-8 Aston Madiun, Anniversary Archipelagi Internasional 25 tahun, sekaligus peringatan Hari Jadi ke-108 Kota Madiun. Kegiatan semakin seru dengan hadirnya Citra Scholastika sebagai bintang tamu. (dhevit/agi/diskominfo)