MADIUN – Kota Madiun tak henti menarik perhatian berbagai kalangan. Terbaru, daerah berjuluk Kota Pendekar ini disambangi Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, M. Amhar Azeth pada Minggu (5/6).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi bersama forkopimda dan OPD di Balai Kota Madiun pada pukul 13.00.

Pertemuan itupun dimanfaatkan wali kota untuk memaparkan berbagai capaian Kota Madiun hingga saat ini. Mulai dari angka pertumbuhan ekonomi, IPM, pembangunan, hingga penanganan Covid-19.

“Kota Madiun ini dikelilingi 11 kabupaten di sekitarnya dan menyokong daerah-daerah sekitar,” tutur wali kota mengawali sambutannya.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, Kota Madiun juga menjadi salah satu kota rintisan Smart City di Indonesia. Sehingga, penerapan IT juga menjadi prioritas dalam pembangunan saat ini.

Beragam capaian Kota Madiun inipun mendapatkan apresiasi dari Dubes M. Amhar Azeth. Menurutnya, Kota Madiun memiliki potensi untuk dapat menjalin kerja sama dengan Rumania dan Moldova.

“Kota Madiun ini kecil daerahnya tapi besar sejarahnya. Dengan Smart City ini kami harap ke depannya bisa menjalin kerja sama di bidang teknologi dengan Rumania,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dubes Amhar mengungkapkan bahwa saat ini Rumania membutuhkan 2 ribu tenaga kerja. Dirinya berharap, kebutuhan ini dapat diisi oleh warga Jawa Timur. Tak terkecuali, Kota Madiun.

“Saat ini, hubungan kerja sama Indonesia dan Rumania sudah terjalin baik, namun belum maksimal. Kita harapkan ke depannya bisa lebih optimal dan Rumania jadi pintu masuknya orang-orang Indonesia ke Eropa,” tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)