MADIUN – Persiapan keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Madiun terus dimaksimalkan. Jelang keberangkatan pada 7 Juni nanti, puluhan CJH asal Kota Madiun mengikuti yasinan dan istighosah di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Jumat (3/6) malam. Wali Kota Madiun, Maidi turut dalam kegiatan yang diawali dengan Salat Isya berjamaah tersebut.

Wali Kota Maidi menuturkan keberangkatan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan sebuah karunia. Karenanya, orang nomor satu di Kota Pendekar itu berharap kepada para CJH untuk mempersiapkan segalanya dengan maksimal. Mulai fisik maupun spiritual. Gelaran yasinan dan istighosah merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Madiun untuk meningkatkan spiritual para jamaah serta doa untuk memohon keselamatan sampai kembali ke tanah air nanti.

‘’Kita tahu bahwa sebenarnya dunia belum lepas sepenuhnya dari Covid-19. Karenanya, para jamaah harus tetap waspada. Segalanya harus dipersiapkan secara maksimal,’’ kata wali kota.

Kewaspadaan juga dilakukan pemerintah Arab Saudi dengan memberlakukan sejumlah aturan. Salah satunya, pemangkasan separo dari kuota yang telah ditetapkan. Pun, hanya CJH di bawah usia 65 tahun yang diperbolehkan berangkat. Karenanya, CJH dari Kota Madiun juga berkurang dari awalnya 180 menjadi 97 CJH. Wali kota berharap CJH yang akan berangkat itu wajib banyak bersyukur. Sedang, mereka yang gagal berangkat juga harus banyak bersabar.

‘’Yang belum berangkat kita punya tempat manasik yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Tahun ini kita targetkan selesai sehingga dapat digunakan untuk manasik,’’ ujarnya.

Wali kota juga berpesan kepada CJH untuk selalu berhati-hati dalam segala hal. Seperti diketahui, ada banyak kemungkinan saat berada di tanah suci. Mulai cuaca, suhu ekstrem, dan lain sebagainya. Wali kota berharap semua CJH yang berangkat dapat melaksanakan ibadah dengan maksimal dan kembali ke tanah air dengan selamat.

‘’Ini kesempatan luar biasa. Harus dimaksimalkan. Malam ini kita berdoa untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan sampai kembali ke tanah air nanti,’’ pungkasnya. (lucky/agi/diskominfo)