MADIUN – Rakor Lintas Sektoral Tahap 2 untuk percepatan target kepemilikan dokumen kependudukan berlanjut di Lapak Pesona Kelurahan Madiun Lor, Selasa (31/5). Seperti giat sebelumnya, Rakor yang dipimpin Wali Kota Madiun, Maidi tersebut sarat akan sosialisasi layanan administrasi kependudukan.

Wali Kota Madiun, Maidi menyebut sosialisasi layanan adminduk penting agar masyarakat memiliki administrasi kependudukan secara lengkap. Kelengkapan adminduk juga menjadi dasar pengambilan kebijakan ke depan.

‘’Data kependukukan harus valid. Jangan sampai dibuat-buat. Kalau salah, pengambilan kebijakan juga bisa salah,’’ kata Wali Kota Maidi.

Karenanya, Pemerintah Kota Madiun terus berupaya mengedepankan pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan. Bahkan, juga menggandeng PKK tingkat kelurahan guna mendorong masyarakat untuk aktif dalam setiap kepengurusan administrasi kependudukan tersebut. Harapannya, masyarakat semakin terlayani. Mulai membantu mengingatkan, membantu menginformasikan, atau bahkan membantu menguruskan.

‘’Kita ada temuan BPK, ada kelebihan bayar di BPJS kesehatan, karena ada penduduk yang sudah meninggal tetapi masih tercatat aktif BPJS. Hal-hal seperti ini bisa terhindarkan kalau data kependudukan kita valid dan selalu update,’’ terangnya.

Wali kota memberikan apresiasi tinggi kepada petugas PKK yang telah turut terlibat dalam urusan layanan kependudukan ini. Wali kota optimis cakupan adminduk akan semakin lengkap dan valid. Pasalnya, petugas PKK berada di antara masyarakat. Artinya, mengenal kondisi masyarakat di lingkungasn masing-masing. Pelaporan akan semakin cepat, efektif, dan efisien.

‘’Pelayanan kita cepat, tetapi biasanya masyarakat sendiri yang menunda-nunda. Nah, kalau yang mengingatkan semakin banyak, segera dilaporkan dan segera kita terbitkan dokumen adminduknya,’’ ungkap wali kota.

Sosialisasi akan terus dilakukan. Wali kota menjamin pengurusan administrasi kependudukan mudah di Kota Madiun. Bahkan, layanan tidak perlu datang langsung karena sudah online. Pun, Dukcapil Kota Madiun juga membuka layanan lewat WA melalui layanan WA Center Melayani Online (Water Melon) di nomor 08113135700. (dhevit/agi/diskominfo)