MADIUN – Data kependudukan memegang peran penting dalam pembangunan. Karenanya, data harus valid dan terkini. Pemerintah Kota Madiun terus berupaya mengedepankan pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan. Terbaru, Pemkot menggandeng PKK tingkat kelurahan guna mendorong masyarakat untuk aktif dalam setiap kepengurusan administrasi kependudukan.

‘’Data kependudukan ini penting. Menjadi dasar pengambilan kebijakan. Masyarakat harus aktif melakukan kepengurusan setiap kali ada perubahan. Ini penting agar dalam pengambilan kebijakan juga tepat,’’ kata wali kota saat Rakor Lintas Sektoral Tahap 2 untuk percepatan target kepemilikan dokumen kependudukan di Lapak Kelurahan Demangan, Senin (30/5).

Wali kota berharap dengan bantuan petugas PKK tersebut masyarakat semakin terlayani dalam urusan administrasi kependudukan. Mulai membantu mengingatkan, membantu menginformasikan, atau bahkan membantu menguruskan. Dalam urusan kematian misalnya. Tuan rumah tentunya tidak sempat melakukan kepengurusan akte kematian atau perubahan dalam KK dan KTP. Nah, petugas PKK bisa membantu melaporkan.

‘’Kalau banyak yang membantu, segera dilaporkan, segera dapat diterbitkan dokumen yang baru. Pelayanan kita cepat, hari itu dilaporkan hari itu juga jadi. Tetapi terkadang masyarakat yang sering menunda laporan,’’ ungkapnya.

Karenanya, wali kota berharap masyarakat aktif melakukan kepengurusan. Sosialisasi juga terus dilakukan. Wali kota menjamin pengurusan administrasi kependudukan mudah di Kota Madiun. Bahkan, layanan tidak perlu datang langsung karena sudah online. Pun, Dukcapil Kota Madiun juga membuka layanan lewat WA melalui layanan WA Center Melayani Online (Water Melon) di nomor 08113135700.

‘’Tidak ada yang sulit. Bahkan, untuk cetak dokumen bisa melakukan secara mandiri. Kita sudah punya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Sumber Wangi,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/diskominfo)