MADIUN – Keberadaan pohon pule di median tengah Jalan Kolonel Marhadi akhirnya resmi menjadi milik Pemerintah Kota Madiun. Dua pohon pule berukuran besar hasil CSR PT PLN itu akhirnya resmi diserahkan kepada Pemkot Madiun. Seremonial penyerahan berlangsung di Balai Kota Madiun, Rabu (25/5). Wali Kota Madiun, Maidi mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan PT PLN untuk turut mempercantik kota tersebut.

‘’Kita dapat bantuan CSR dua pohon pule di dekat Alun-alun. Pohonnya sudah kita tanam, tetapi memang baru simbolis penyerahan hari ini,’’ kata wali kota.

Maklum, dua pohon pule berdiameter masing-masing sekitar 1,7 meter itu memang sudah datang sejak sebelum lebaran lalu. Pohon memang harus ditanam agar tidak mati. Sedang, seremonial penyerahan dijadwalkan kemudian. Wali kota menyebut dua pohon pule dengan masing-masing panjang lingkar batang mencapai 2,6 meter menghabiskan anggaran sekitar Rp 70 juta. Pohon pule tidak hanya menambah varietas pohon besar di Kota Pendekar. Namun, diharapkan ke depan bisa menjadi penampung air tanah sekaligus menurunkan suhu kota.

‘’Pohon juga sebagai penunjang kawasan kuliner dalam kereta di Jalan Bogowonto. Itu masih kurang ya, nanti kita tambah beberapa pohon lagi,’’ jelasnya.

Wali kota menyebut setidaknya akan ada tujuh pohon lagi di kawasan tersebut. Saat ini masih proses pengadaan. Salah satunya datang dari PT Telkom. Wali kota mengaku PT Telkom juga akan membantu penambahan pohon di sana melalui dana CSR.

‘’Kita perbanyak pohon besar sekaligus untuk menurunkan suhu kota kita ini. Semakin banyak pohon besar, semakin sejuk. Kota ini memang kita bangun berbasis lingkungan,’’ ujarnya sembari menyebut penanaman pohon pule sudah dilakukan, Selasa (19/4) lalu. (nanda/agi/diskominfo)