MADIUN – Baznas Kota Madiun kembali menerima pembayaran zakat fitrah masyarakat tahun ini. Pejabat pemerintahan, pegawai Pemkot Madiun, hingga sejumlah BUMD dan perusahaan turut membayarkan kewajiban di bulan Ramadan itu melalui lembaga milik negara tersebut.

Hingga hari ini, diketahui total zakat fitrah yang disalurkan melalui Baznas Kota Madiun mencapai 22.794 kilogram. Seluruhnya lantas disalurkan ke setiap kecamatan untuk diberikan kepada para penerima yang berhak.

Prosesi pemberangkatan mobil zakat fitrah tersebut dipimpin oleh Wali Kota Madiun Maidi di depan balai kota, Rabu (27/4). ‘’Zakat dari masyarakat hari ini kami salurkan ke warga yang membutuhkan agar segera dimanfaatkan,’’ tutur wali kota.

Adapun penerima zakat yaitu fakir miskin di 27 kelurahan sebanyak 2.270 paket, sekolah, panti asuhan, dan lembaga sosial keagamaan sebesar 1.382 paket, dan dropping keliling sebanyak 1.117 paket. Meski begitu, Baznas memprediksi masih ada tambahan zakat fitrah lagi dari masyarakat yang akan disalurkan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tidak hanya penyaluran zakat fitrah, wali kota juga melaksanakan pendistribusian zakat mal dan uang saku bagi anak-anak panti asuhan di Kota Madiun secara simbolis.

‘’Harapannya, bisa memberikan manfaat bagi para penerima dan semua masyarakat di Kota Madiun bisa merasakan kebahagiaan menyambut Lebaran,’’ tandasnya. (Luki/irs/diskominfo)