MADIUN – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Madiun terus dilakukan. Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun menggelar pelatihan fotografi dan videografi bagi perwakilan anggota KIM seluruh Kelurahan di Kota Madiun, Selasa (19/4). Pelatihan diharapkan memberikan tambahan skill foto dan video bagi KIM sebagai agen informasi masyarakat.

‘’Sesuai instruksi pimpinan, fokus utama pemerintah saat ini tetap Rem Covid dan Gas Ekonomi. Pelatihan ini salah satu upaya kita untuk berkontribusi untuk peningkatan ekonomi melalui bidang informasi khususnya melalui KIM,’’ kata Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri usai membuka pelatihan yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan Kartoharjo tersebut.

Karenanya, materi pelatihan kali ini lebih mengedepankan foto dan video produk UMKM untuk di media sosial. KIM, lanjutnya, sebagai agen informasi masyarakat dapat bersinergi dengan pelaku UMKM dalam urusan promosi produk. Harapannya, dapat menciptakan promosi yang menarik untuk pelaku UMKM yang berujung pada peningkatan penjualan.

‘’Tidak dapat kita pungkiri, medsos berperan luar biasa dalam urusan promosi. Tetapi pelaku UMKM ini kadang tidak sempat untuk membuat promosi yang menarik. Nah, KIM yang memang punya kapasitas disitu, kita bekali untuk bisa membantu,’’ jelasnya.

Subakri menambahkan promosi produk UMKM bisa semakin gencar dilakukan ke depannya. Harapannya, produk-produk UMKM ini semakin ter-ekspose keluar. Apalagi, banyak yang akan datang mengingat sudah diperbolehkan mudik lebaran. Subakri berharap para pengunjung itu mudah mendapatkan informasi terkait produk UMKM Kota Madiun.

‘’Tidak hanya mudah mendapatkan informasi, tetapi bagaimana bisa memunculkan ketertarikan untuk mencoba hanya dari melihat foto atau video promosi yang dibuat. Nah, ini kan butuh teknik tersendiri. Karenanya, sekalian kita hadirkan orang-orang yang memang berkompeten di bidang itu sebagai pemateri,’’ pungkasnya sembari berharap berharap pelaku UMKM semakin bersemangat dan tahan banting dalam masa pandemi Covid-19 ini. (,ucky/agi/diskominfo)