MADIUN – Momen Ramadan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Madiun untuk menggelar bazar UMKM dari setiap kelurahan dan kecamatan. Salah satunya seperti kegiatan yang terlaksana di Kecamatan Manguharjo, Selasa (19/4).

Beragam jenis UMKM tersaji di halaman kantor kecamatan tersebut. Terutama, UMKM di bidang kuliner. Baik makanan maupun minuman.

Berkesempatan membuka kegiatan tersebut, Wali Kota Madiun Maidi memberikan apresiasi kepada para pelaku UMKM. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu berharap, UMKM Kota Madiun terus berpacu untuk menjadi lebih baik lagi.

‘’Jangan jadi penonton di kota sendiri. UMKM harus bisa mengambil kesempatan dalam kemajuan kota saat ini,’’ tutur wali kota.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan, tahun ini pertama kalinya pemerintah pusat membuka akses mudik setelah sempat ditutup selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Momen ini wajib dimanfaatkan oleh UMKM agar produknya semakin dikenal oleh masyarakat luas.

‘’Orang dari luar kota datang ke sini. Sebelum pulang, pasti cari oleh-oleh. Maka, saya pesan kepada UMKM untuk menyiapkan produknya. Buat tampilan semenarik mungkin dan yang paling penting rasanya harus enak,’’ jelasnya.

Wali kota pun berharap, berbagai upaya pembangunan kota yang telah dilakukan oleh Pemkot Madiun bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memajukan produknya. Apalagi, pemkot juga menyediakan berbagai kemudahan kepada pelaku UMKM terkait pengurusan izin, merk, sertifikasi, maupun permodalan. ‘’Jadi, tidak ada alasan untuk tidak maju,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)