MADIUN – Selama bulan suci Ramadan, umat muslim tidak hanya menjalankan ibadah puasa dan tarawih saja. Melainkan juga wajib membayarkan zakat fitrah.

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menunaikan kewajiban tersebut secara simbolis di Gedung Negara Grahadi, Jumat (15/4). Prosesi tersebut disaksikan oleh kepala daerah atau perwakilan dan Baznas di wilayah Jatim secara virtual. Di Kota Madiun, Wakil Wali Kota Inda Raya Ayu Miko Saputri hadir mewakili Wali Kota Maidi.

Zakat fitrah diserahkan oleh gubernur perempuan pertama di Jatim itu kepada Baznas. Harapannya, zakat dapat tersalurkan secara maksimal kepada warga yang membutuhkan.

“Zakat fitrah wajib kita tunaikan di bulan suci. Untuk itu, saya mengimbau masyarakat untuk segera menunaikan,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Kepada Baznas, mantan Menteri Sosial ini juga memberikan apresiasi. Sebab, selama ini Baznas telah optimal menyampaikan amanah yang dititipkan oleh masyarakat. Bahkan, sudah banyak warga yang membutuhkan merasa terbantu dari Baznas. Tidak hanya dari zakat fitrah, tetapi juga berupa bantuan modal usaha hingga beasiswa pendidikan.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah mengimbau masyarakat, khususnya umat muslim, untuk segera menunaikan zakat. Terutama, bagi pejabat di lingkup pemerintahan agar menjadi contoh bagi warganya.

“Semoga manfaat barokah,” tandasnya. (Ayu/irs/diskominfo)