BALI – Event Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri yang diinisiasi Kementerian Perindustrian di Nusa Dua Bali mencatatkan kesuksesan yang membanggakan. Bahkan, acara yang berlangsung selama 22-24 Maret 2022 itu berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Transaksi Terbesar Belanja Produk Dalam Neger dalam 3 hari.

‘’Per sore ini berhasil menembus angka Rp 214,1 triliun,’’ ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara penutupan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022, Kamis (24/3).

Atas capaian itu, pemerintah optimis target Presiden Joko Widodo untuk belanja produk dalam negeri oleh instansi pemerintah tahun ini bisa mencapai Rp 400 triliun di sepanjang tahun 2022.

Seperti diketahui, Business Matching merupakan langkah awal launching komitmen bersama kementerian/ lembaga, BUMN dan pemerintah daerah untuk meningkatkan belanja produk barang dan jasa UMKM di dashboard Kemenperin. Di antaranya, adalah Kementerian PUPR, Kementerian Pertahanan hingga Kementerian Kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Madiun Maidi turut mendukung upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri. Khususnya, di lokal wilayah Kota Madiun.

‘’Terima kasih kepada Kemenperin yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Sangat bermanfaat dan banyak inovasi baru yang bisa kita adopsi di Kota Madiun,’’ ujarnya saat ditemui dalam acara tersebut.

Sejumlah upaya penguatan UMKM Kota Madiun pun telah disusun wali kota. Salah satunya, perbaikan kemasan produk agar lebih baik dan tahan lama. Selain itu, juga potensi-potensi kerja sama yang mampu meningkatkan produk dalam negeri.

‘’Kita yang punya potensi bahan tapi teknologinya kurang, kita pendekatan dan kerja sama. Sehingga, nanti semuanya sama-sama bagus dan bermanfaat bagi masyarakat,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)