MADIUN – Budaya bebas korupsi semakin ditingkatkan di lingkup Korem 081 Dhirotsaha Jaya. Pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kembali dilakukan, Senin (31/1). Harapannya, semangat anti korupsi semakin membudaya di wilayah Korem 081 DSJ khususnya untuk menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kegiatan dihadiri jajaran Kodim wilayah Korem 081, Kepala Bakorwil 1 Madiun, serta Forkopimda Kota dan Kabupaten Madiuh. Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri hadir mewakili Wali Kota Madiun.

Komandan Korem 081 DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho mengatakan pencanangan zona integritas tersebut diharapkan membawa semangat dan hasil nyata yang lebih bagus terkait budaya anti korupsi tersebut. Danrem mengaku jajaran Korem bukan hanya anti korupsi tetapi juga transparan. Hal itu dibuktikan dengan diraihkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK yang diraih Korem 081 DSJ.

‘’Tentu saja ini suatu keharusan dan kewajiban untuk meneruskan capaian itu. Karenanya, hari ini kita kembali berkomitmen melalui pencanangan zona integritas ini dari Korem 081 dan Kodim jajaran serta didukung kepala Bakorwil dan Forkopimda,’’ jelasnya.

Pengawasan, lanjutnya, bukan hanya dari BPK. Namun, inspektorat dari instansi TNI juga melakukan monitoring. Khususnya dari TNI AD juga Kodam. Pihaknya juga melakukan pengawasan secara internal di lingkup Korem 081. Harapannya, pengawasan dan monitoring berlapis tersebut semakin mempersempit potensi untuk melakukan tindak pidana korupsi.

‘’Prinsipnya apa yang kita lakukan merupakan bentuk dukungan terkait program pencananganan integritas ini khususnya di lingkup instansi TNI,’’ tegasnya.

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri mendukung penuh pencanangan zona integritas di lingkungan Korem 081 DSJ tersebut. Menurutnya, instansi pemerintah harus semakin profesional dalam melakukan tugas dan fungsinya.

‘’Tentu Pemerintah Kota Madiun mendukung penuh pencanangan ini. Artinya, dengan budaya anti korupsi ini pelayanan kepada masyarakat juga akan semakin berjalan optimal,’’ jelasnya. (nanda/agi/diskominfo)