MADIUN – Rencana Pemkot Madiun untuk membangun Rusunawa dan pusat perekonomian warga di Makam Bong Cino sisi Timur terus berlanjut. Senin (31/1), Wali Kota Madiun Maidi menggelar pertemuan bersama ahli waris di Ruang Pertemuan Rusunawa II.

Dalam pertemuan tersebut, orang nomor satu di Kota Pendekar itu menuturkan bahwa proses pemindahan makam akan segera dilaksanakan. Bahkan, persiapannya dimulai pekan ini.

“Pemindahan makam semuanya ditanggung Pemkot Madiun,” tuturnya.

Menurut wali kota, ada ratusan makam yang akan dipindahkan dari sisi Timur ke Barat. Proses pemindahannya juga dilakukan secara manual. Artinya, tidak akan menggunakan alat berat yang dapat berpotensi merusak jenazah.

Lebih lanjut, wali kota menjelaskan bahwa lokasi bekas Makam Bong Cino sisi Timur akan dijadikan Rusunawa dan pusat perekonomian masyarakat. Di antaranya, lapak UMKM dan pasar loak. Pembangunan inipun akan dimulai tahun ini juga.

“Proses pemindahan ini kami targetkan 15 hari selesai. Selanjutnya, tanah akan diuruk sebelum dilakukan pembangunan,” tandasnya. (Luki/irs/diskominfo)