MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi menyebut, peringatan hari ibu harus digunakan sebagai momentum untuk menghargai jasa para ibu yang telah dengan tulus ikhlas merawat dan mendidik generasi penerus bangsa.

Menurut orang nomor satu di Kota Madiun itu, ibu merupakan sosok yang harus menjadi panutan. Pasalnya, madrasah pertama generasi penerus bangsa ada di tangan seorang ibu. Keberhasilan rumah, kata wali kota, kuncinya berasal dari ibu.

“Sosok ibu jelas harus jadi panutan. Ibu sebagai sosok yang membersarkan anak, sebagai guru, keberhasilan rumah kuncinya dari ibu. Kalau ibu baik anak pasti jadi baik. Kalau anak baik akan membawa kemajuan untuk kota dan negara,” terang wali kota seusai menggelar apel peringatan hari ibu, Rabu (22/12).

Untuk diketahui, pada peringatan hari ibu kali ini di Kota Pendekar digelar secara sederhana. Pemkot setempat menggelar acara apel yang dilanjutkan dengan penanaman bibit tanaman di Ngrowo Bening Edupark. Meski hanya digelar secara sederhana, namun pada peringatan kali ini tetap penuh makna.

“Semua peringatan harus ada action nyata. Bukan hanya seremonial saja. Hari ini pemberdayaan ibu-ibu, setelah apel mereka menanam kunyit hitam,” terang Wali Kota Maidi.

Orang nomor satu di Kota Madiun itu berharap, melalui peringatan hari ibu ini mampu menjadi momentum untuk para ibu di Kota Pendekar agar mampu lebih berdaya. Pasalnya, dalam pembangunan, para ibu harus mampu menjadi pelaku dan menjadi subjek yang menentukan, bukan hanya menjadi objek.
(ws hendro/kus/diskominfo)