MADIUN – Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) wajib terus dilakukan. Utamanya, bagi petugas yang berkaitan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu seperti yang terlihat di lingkup PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Pembinaan pegawai dilakukan guna pengembangan SDM di perusahaan daerah tersebut.

‘’Hari ini harus lebih baik dari hari esok. Jangan hanya begitu-begitu. Karenanya, pengembangan diri itu penting,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi saat Spiritual Building Kepada Seluruh Pegawai PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun di Ngrowo Bening, Senin (30/11) malam.

Pembinaan sengaja dilakukan pada malam hari. Hal itu dilakukan agar karyawan semakin menghargai waktu. Harapannya, menambah rasa syukur karena diberikan pekerjaan dengan waktu normal. Sebab, banyak di luar sana yang harus bekerja malam hari di saat yang lain tengah beristirahat di rumah bersama keluarga. Wali kota berharap karyawan PDAM Tirta Taman Sari semakin bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

‘’Kita harus bersyukur bisa bekerja pagi dan malam sudah di rumah. Bayangkan kalau harus seperti ini setiap hari. Larut malam harus jauh dari keluarga,’’ ujarnya.

Wali kota berharap karyawan PDAM Tirta Taman Sari semakin solid. Saling menyemangati dan bantu-membantu jika ada yang kesulitan. Itu penting untuk menjaga iklim perusahaan. Khususnya, menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat. Bukan malah sebaliknya. Saling tidak akur dengan yang lainnya. Itu bisa berdampak buruk bagi perusahaan.

‘’Jika ada masalah internal harus diselesaikan secara profesional. Jangan malah saling menjatuhkan. Itu tidak bagus untuk perusahaan,’’ tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadirkan pemateri dari kalangan ulama. Harapannya, karyawan juga termotivasi secara psikis. Bekerja memang bukan sekedar mencari penghasilan. Tetapi juga sarana beribadah kepada Tuhan. Karenanya, bimbingan kerohanian juga penting untuk dikedepankan. (nanda/agi/diskominfo)