MADIUN – Pramuka memiliki peran penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan.

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan gerakan pramuka yang ada di gugus depan (gudep) atau sekolah, Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Madiun menggelar kursus orientasi yang diikuti oleh para perwakilab Kamabigus dari SD hingga SMP.

Kursus orientasi itu digelar di Ngrowo Bening Edupark, Selasa (30/11). Berbagai materi seputar kepramukaan mengemuka, utamanya yang berkaitan dengan mengasah kreativitas dan inovasi yang dimiliki. Seperti halnya materi dinamika kelompok yang dipramtekan langsung di area ruang terbuka hijau itu.

Ketua Harian Kwarcab Kota Madiun, Haris Rahmanudin mengatakan bahwa kursus orientasi ini sebagai langkah sinergitas untuk penyampaian proker tahun mendatang, sekaligus menumbuhkan kreativitas dan inovasi para perwakilan gugus depan, utamanya yang berkaitan dengan kepramukaan.

“Kita ada program proritas, kegiatan mulai dari gugus ramah lingkungan dan gugus depan unggul karena ada kaitannya dengan akreditasi sekolah,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, Haris berharap, sinergi antara peserta dapat terjalin, sehingga semua kegiatan yang dirancang bisa terlaksana optimal dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
(nanda/kus/diskominfo)