MADIUN – Upaya penanggulangan penyebaran virus korona (Covid-19) terus dilakukan di Kota Madiun. Pemerintah setempat langsung menggelar Apel Tanggap Korona di halaman depan Balai Kota, Senin (16/3). Hal itu sekaligus tindak lanjut instruksi Gubernur Jatim melalui surat edaran yang diterima walikota beberapa waktu sebelumnya.
 
Apel kali ini tidak hanya diikuti pejabat struktural Pemkot Madiun. Tapi juga berbagai petugas instansi terkait. Maklum, walikota juga membentuk tim gugus tugas penanggulangan korona di Kota Madiun. 
 
‘’Kota Madiun zero korona sampai saat ini. Nah, yang zero ini harus terus dipertahankan,’’ kata walikota usai Apel. 
 
Salah satunya dengan membentuk gugus tugas penanggulangan korona tersebut. Gugus tugas ini berisi petugas dari berbagai instansi terkait. Mulai petugas Dinas Kesehatan, PMI, Satpol PP, BPBD, dan lain sebagainya. Tugasnya, melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus. Mulai melakukan himbauan ke rumah makan dan hotel untuk penerapan budaya cuci tangan pakai sabun hingga urusan kebersihan lingkungan. 
 
‘’Semua ikut turun ke bawah mengatasi ini. Kota Madiun lingkungan harus bersih. Kalau bersih, hidup juga sehat,’’ ujarnya.
 
Selain itu, walikota juga menginstruksikan anak-anak untuk belajar di rumah. Hal itu juga untuk menghindari kontak dengan banyak orang. Kegiatan belajar di rumah tersebut juga dimulai besok. Sedang hari ini, pelajar tetap masuk untuk mendapatkan pengarahan terkait materi dan tugas selama belajar di rumah tersebut. 
 
‘’Kita juga punya program GDS (Gerakan Disiplin Siswa) nanti akan kita galakkan. Anak-anak tidak boleh keluyuran kemana-mana. Apalagi ke luar kota,’’ tegasnya. 
 
Walikota juga menghimbau masyarakat untuk tidak panik. Sebab, semua kebutuhan pokok dipastikan aman. Walikota tak membantah sempat adanya kelangkaan gula beberapa hari lalu. Namun, itu lebih karena stok baru yang belum keluar. 
 
‘’Jadi bukan langka. Karena dalam satu waktu permintaan banyak sedang stok baru baru keluar besoknya. Kami pastikan semua kebutuhan aman. Tim TPID akan keliling hari ini,’’ terangnya. (ws hendro/agi/diskominfo)