MADIUN – Pajak merupakan sumber pemasukan utama negara. Karenanya, setiap wajib pajak harus melakukan kewajibannya untuk melapor dan membayar pajak sesuai ketentuan. Berbagai upaya dilakukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Madiun bersama pemerintah setempat untuk mengajak masyarakat agar taat pajak. Salah satunya, melalui Pekan Panutan Pajak Spectaxcular yang berlangsung di Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, Minggu (15/3). 
 
Walikota Madiun Maidi yang hadir dalam acara mengajak seluruh masyarakat menjadi warga negara yang baik. Salah satunya, dengan taat pada pajak. Walikota berharap masyarakat bayar pajak tepat waktu. Sumbangsih masyarakat akan pajak penting terhadap pembangunan negara.
 
‘’Pajak hak negara untuk rakyat. Artinya, negara berhak memungut pajak dari rakyat untuk digunakan kembali pada rakyat. Sebagai warga negara yang baik ya harus taat pajak,’’ kata walikota. 
 
Mantan Sekda Kota Madiun itu berharap masyarakat kooperatif. Artinya, tidak perlu harus terus diingatkan. Tidak perlu dikejar-kejar petugas pajak. Pajak, kata walikota, merupakan suatu kewajiban. Membayar pajak sesuai aturan merupakan satu ibadah. Negara, lanjutnya, juga sudah memenuhi kewajiban dengan memberikan fasilitas-fasilitas. Mulai, kesehatan, pendidikan, pembangunan, pelatihan dan lain sebagainya. Pendapatan pajak yang semakin meningkat akan berdampak pada pembangunan yang kian melonjak.
 
‘’Pajak ibarat darah dalam tubuh. Kalau tubuh kekurangan darah, aktifitas yang dilakukan juga menjadi tidak normal. Begitu juga dengan negara,’’ ungkapnya. 
 
Walikota menginstruksikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Madiun untuk menjadi contoh bagi masyarakat. Artinya, ASN harus lebih tertib dalam urusan pajak. Baik secara pelaporan maupun besaran yang dibayarkan tepat waktu. Apalagi, pembayaran pajak juga semakin mudah kini. Pelaporan bisa dilakukan dengan e-filling dan pembayarannya bisa menggunakan e-billing. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor pajak dan cukup dilakukan dari smartphone dimana saja. 
 
‘’Masyarakat harus ikut berkontribusi dalam pembangunan negara. Salah satunya, dengan taat pajak,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)