MADIUN – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Madiun pada Jumat (13/3) meresmikan gedung sentra layanan publik Lapas Kelas I Madiun. Gedung tersebut dibangun dalam upaya meningkatkan  layanan hukum kepada masyarakat. Walikota Madiun mengapresiasi inovasi yang diberikan Lapas tersebut. 
 
Menurutnya inovasi tersebut sejalan dengan pemerintahan yang kini sedang dijalankannya. Walikota mengatakan, Kota Madiun sedang membangun dan mempercantik diri, adanya gedung sentra layanan publik di Lapas Kelas I diharap mampu menjadi percontohan daerah-daerah lainnya. 
 
“Kemajuan cukup mengejutkan. Semua lini memang sedang kita gerakkan. Sumber daya manusia yang cerdas kita optimalkan dan bantuan dari instansi vertikal yang hadir di Kota Madiun memang harus saling membantu,” jelas walikota. 
 
Lebih lanjut dirinya mengatakan, sentra layanan publik menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat ataupun cara instansi untuk melayani masyarakat secara terbuka tanpa menghilangkan keakurasian yang ada. 
 
“Kalau masyarakat dilayani secara akurat pasti akan senang dan saya harap inovasi ini harus dikembangkang. Mungkin untuk tempat duduk, atau kapasitas yang ditingkatkan,” ungkapnya. 
 
Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono yang juga turut ikut dalam peresmian gedung mengatakan, hal ini menjadi bukti kerja cepat dan kerja nyata yang telah dilakukan oleh Lapas Kelas I Madiun. “Ini gerakan yang luar biasa dan memang harus seperti ini, apalagi saat ini Lapas I Madiun sedang berproses membangun Zona Integritas menuju WBK/ WBBM,” ujarnya. 
 
Menurut Krismono, langkah yang diambil Kepala Lapas Kelas I Madiun Thurman, sangat strategis dan sangat tepat. Karena selain menghilangkan perilaku koruptif, pembangunan ZI juga harus ada peningkatan pelayanan publik.
(dhevit/kus/diskominfo)