MADIUN – Konsumsi ikan masyarakat Kota Madiun hanya 19 kilogram per kapita per tahun. Angka ini masih belum sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Yakni, mencapai lebih dari 20 persen. Karenanya, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan.
 
Walikota Madiun Maidi mengatakan, upaya meningkatkan konsumsi ikan telah dimulai bagi anak-anak usia SD. Selain meningkatkan gizi, juga sebagai langkah mengurangi angka Stunting di Kota Madiun. ‘’Pemkot Madiun punya 22 kolam ikan. Jenis-jenis ikan yang bisa dikonsumsi kami penuhi semua,’’ tuturnya saat memberikan sambutan dalam giat Safari Gemarikan oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Provinsi Jatim, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Wisma Haji Kota Madiun, Sabtu (7/3).
 
Budidaya ikan terus dilakukan oleh Pemkot Madiun. Kemudian, pada saat-saat tertentu digelar kegiatan makan ikan dengan siswa SD. Selain itu, bibit ikan juga dibagikan kepada masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan.
 
Lebih lanjut, walikota menjelaskan, upaya pencegahan Stunting memang wajib dilakukan sejak dini. Stunting tidak hanya membawa dampak buruk bagi penderitanya. Tapi juga proses pengembangan kota. Karena itu, Pemkot Madiun memberikan perhatian lebih agar generasi penerus bangsa ini semakin berkualitas.
 
Upaya yang dilakukan oleh Pemkot Madiun inipun mendapatkan apresiasi dari Direktur Logistik Kementerian Kelautan dan Perikanan Innes Rahmania. Diapun berharap, angka konsumsi ikan di Kota Madiun semakin meningkat.
 
‘’2/3 wilayah Indonesia adalah perairan. Lebih besar dibandingkan jumlah daratan. Namun, kita belum memaksimalkan potensi perikanan untuk ekonomi kerakyatan dan sumber pangan masyarakat Indonesia,’’ paparnya.
 
Dengan konsumsi ikan, diharapkan gizi yang didapat oleh masyarakat bisa semakin baik. Serta, mengurangi angka penderita Stunting di Indonesia.
 
Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Guntur Sasono berterima kasih atas perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap Kota Madiun. ‘’Harapannya, kegiatan hari ini membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya di Kota Madiun,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)