MADIUN- Walikota Madiun Maidi menerima kunjungan  dari Paguyuban masyarakat Madiun (Paguma) yang merantau di Surabaya pada Sabtu (30/11) malam.  Kedatangan Paguma ke Kota Madiun selain untuk pulang ke kampung halaman, juga sebagai sarana bersilaturahmi. 
 
Walikota Maidi menyambut hangat kedatangan saudara se daerah itu. Tak lupa dirinya mengucapkan terima kasih atas kedatangan anggota Paguma ini. Orang nomor satu di Kota Madiun itu berharap, pertemuan ini dapat diagendakan setiap setahun sekali.
 
“Perlu saya sampaikan progres pembangunan kota kita. Pemerintahan baru ini punya program Panca Karya, yakni Madiun Pandai, Melayani, Membangun, Peduli, dan Terbuka. SDM harus unggul kalau kita mau maju,” ungkapnya dihadapan para anggota Paguma. 
 
Untuk hidup sempurna di Kota Madiun, kata dia, harus kompetitif. Walikota menjelaskan dalam program baru ini, untuk mewujudkan SDM yang unggul, tahun depan para pelajar akan mendapatkan laptop dan seragam gratis dari Pemerintah Kota Madiun. 
 
“Pola-pola ini harus kita kembangkan. Beberapa beasiswa juga sudah mulai diberikan, namun pola pemberian harus jelas. Tiap tahun ASN banyak yang pensiun. Maka dari itu Pemkot memberi beasiswa kerjasama dengan perguruan tinggi negeri luar kota, setelah lulus mereka bisa bekerja untuk Kota Madiun,” jelasnya. 
 
Sementara itu saat menjelaskan Madiun Kota Melayani, walikota mengatakan penanganan infrastruktur harus diprioritaskan. Walikota mencontohkan seperti Taman Lalu Lintas Bantaran, merupakan program kerja yang tujuannya menggerakkan ekonomi kreatif di Kota Madiun. 
 
‘’Nantinya setiap kecamatan akan ada sentra-sentra ekonomi kreatif baru. Harapannya menjadi kota kecil yang semakin menumbuhkan perekonomian masyarakat,’’ lanjutnya.
 
Pembangunan yang sedang berjalan ini lanjutnya, tak akan berjalan secara optimal dan lancar tanpa partisipasi aktif dan peran serta dari masyarakat khususnya masyarakat Kota Madiun. Tak hanya itu, walikota juga meminta kepada para anggota Paguma untuk jangan sungkan memberikan saran dan masukan demi kemajuan Kota Madiun. 
(luki/kus/diskominfo)