MADIUN – Geliat olahraga bersepeda kian terasa di Kota Madiun. Seperti yang terlihat di Youth Fest 2019 in PeceLand di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Kegiatan yang berlangsung dua hari mulai, Sabtu (30/11) hingga Minggu (1/12) tersebut sarat akan kegiatan berkayuh itu. Rangkaian kegiatan dibuka denhan fun bike yang diikuti lebih dari tiga ribu peserta, Sabtu pagi. Walikota Madiun Maidi, Ketua Tim Penggerak PKK Yuni Setyawati, Wakil Walikota Inda Raya, Ketua DPRD Andi Raya, dan Sekda Kota Madiun Rusdiyanto bersama Forpimda juga turut dalam kegiatan. Tak heran, giat hasil kerja bareng Pemerintah Kota Madiun dengan Jawa Pos Radar Madiun itu berlangsung kian seru. 
 
Mengambil start di Taman Lalu Lintas, ribuan pesepeda tampak bersemangat melahap rute yang ditentukan. Rute sengaja mengambil jalan-jalan protokol Kota Pendekar. Maklum, fun bike juga sekaligus ajang promosi kota. Apalagi, giat juga diikuti sejumlag peserta dari luar daerah. Pun, beberapa di antaranya mantan atlet bersepeda nasional. Walikota Madiun Maidi berharap kegiatan makin ditingkatkan ke depan. 
 
‘’Ini luar biasa ya. Saya harap semua komunitas olahraga bisa tampil. Kalau hari ini baru dari (cabor) sepeda, mungkin nanti ditambah dari cabor lain,’’ kata walikota. 
 
Mantan Sekda Kota Madiun itu berharap konten acara ditingkatkan. Misalnya, komunitas basket. Di sela menunggu yang bersepeda, mereka yang menyukai basket bisa diberikan permainan adu ketangkasan memasukkan bola dalam ring. Walikota menambahkan mereka yang paling banyak memasukkan bola langsung dapat hadiah. Begitu juga dengan permainan berbasis olahraga lain. Seperti, sepatu roda, panahan, dan lainnya. 
 
‘’Ada banyak minat dan bakat remaja kita. Mereka harus difasilitasi. Dengan kegiatan seperti ini mereka dapat menyalurkan minat sekaligus sarana hiburan,’’ imbuhnya. 
 
Selain itu, kegiatan Youth Fest juga ajang sosialisasi ikon baru Kota Madiun, PeceLand. Miniatur kota pecel yang mulai dikerjakan 2020 itu memang harus disampaikan kepada masyarakat. Pemkot melalui event tersebut sengaja melibatkan kaum milineal sebagai duta promosi. Salah satunya, dengan pemilihan Miss PeceLand. Mereka yang selalu lebih update tentang media sosial diyakini dapat menjadi agen promosi yang pas di era saat ini.
 
Beragam keseruan tersaji selama gelaran acara. Mulai hiburan musik, doorprize, push bike, serta BMX dan MTB challenge di sesi pertama. Siangnya, juga terdapat dance dan band competition hingga gala dinner Paguyuban Madiun. Tak heran, serangkaian kegiatan sayang untuk dilewatkan. (ws hendro/agi/diskominfo)