ADIUN – Pembinaan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat pembinaan kali ini lebih mengedepakan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan melalui informasi. Hal itu dinilai penting mengingat informasi banyak disalahgunakan belakangan ini. Informasi malah menjadi sarana memecah persatuan dengan membuat berita bohong.

‘’Fungsi KIM sebagai citizen journalism atau pewarta warga di Kota Madiun sudah tidak diragukan lagi. Tentu ini harus ditingkatkan. Pembinaan rutin ini sebagai salah satu cara peningkatan fungsi dan peran KIM di Kota Madiun,’’ kata Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri saat pembukaan Pembinaan KIM dan Pertunjukkan Rakyat (Pertura) di aula Kecamatan Kartoharjo, Kamis (5/9).

Tak heran, tema Menjadi Pewarta Warga, Menjaga Persatuan dan Kesatuan mengemuka dalam pembinaan KIM kali ini. KIM, kata dia, memiliki peran penting dalam penyebar luasan informasi. Fungsi tersebut harus ditingkatkan. KIM wajib juga menjadi penangkal hoax maupun ujaran kebencian. Informasi yang disajikan wajib berdasar fakta dan menyejukkan.

‘’KIM harus menjadi pembeda di tengah banyaknya informasi bohong yang mengancam persatuan dan kesatuan dengan menyuguhkan informasi sesuai fakta. Jangan malah sebaliknya,’’ ujarnya.

Subakri menambahkan fungsi penyebaran informasi KIM juga harus lebih intens. Beragam fasilitas diberikan pemerintah. Salah satunya, layanan internet gratis melalui wifi yang saat ini sudah sampai ditingkat poskamling. Totalnya, lebih dari 1.400 titik wifi tersebar di seantero Kota Madiun. Subakri berharap fasilitas tersebut dimanfaatkan dengan bijak.

‘’KIM cukup efektif lantaran bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pembinaan terus kami lakukan agar peran kim semakin meningkat,’’ paparnya.

Subakri juga menyampaikan selamat kepada dua anggota KIM Kota Madiun yang berhasil meraih penghargaan saat Anugerah Pewarta Warga (APW) Jawa Timur, Juli lalu. Yakni, anggota KIM Pandan Arum Kelurahan Pangongangan dan KIM Kelurahan Taman. Penghargaan dirahap melecut semangat anggota KIM yang lain.

‘’Prinsipnya pembinaan akan terus kami lakukan. Termasuk dalam menyambut Jatim Kominfo Festival Oktober nanti dimana Kim Anyelir Kelurahan Kejuron akan bertanding di babak grand final LCCK tingkat provinsi tahun ini,’’ pungkasnya. (nurdiono/agi/diskominfo)