MADIUN – Walikota Madiun Maidi selalu memiliki cara tersendiri untuk menyerap aspirasi masyarakatnya. Setelah bermalam di rumah warga, mantan Sekda Kota Madiun itu juga menyerap aspirasi melalui giat Salat Subuh berjamaah. Seperti yang terlihat di Masjid Al-Ikhlas Jalan Jatisiwur Kelurahan Demangan, Rabu (4/9). Kegiatan sekaligus ajakan Gerakan Salat Subuh berjamaah hingga sarana mencipatkan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum).

‘’Begini, kegiatan ini diharapkan semakin mendekatkan kepada masyarakat. Kalau dikelurahan biasanya tokoh agama dan yang sepuh tidak bisa ikut menghadiri. Kalau dengan kegiatan Salat Subuh berjamaah seperti ini mereka yang sepuh bisa ikut menyampaikan keluh kesahnya,’’ kata walikota.

Kegiatan memang berlanjut dialog. Berbagai aspirasi masyarakat mengemuka. Walikota membuka diri untuk segala keluh kesah, masukan, dan saran. Hal itu semata untuk memahami masyarakat secara lebih mendalam. Harapannya, kebijakan dan pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat sesuai harapan masyarakat.

‘’Kita bisa tahu keluh kesah masyarakat dari semua kalangan. Apa yang belum kita lakukan, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan,’’ ungkapnya.

Kegiatan juga sebagai sarana pemerintah menyampaikan informasi. Hal itu diharap semakin menyempurnakan informasi yang beredar di masyarakat. Walikota tak menampik banyak informasi salah kaprah yang beredar di masyarakat. Hal itu lantaran banyaknya berita bohong atau hoax. Pemerintah terus berupaya menekan informasi hoax tersebut agar tidak semakin meresahkan masyarakat.

‘’Prinsipnya kita terus memerangi hoax. Saya harap masyarakat tidak mudah percaya. Tanyakan kepada yang memahami dan berkompeten. Jangan diambil kesimpulan sendiri kalau belum yakin benar,’’ harapnya.

Gerakan Salat Subuh berjamaah tersebut akan rutin digelar. Walikota berharap masyarakat mengikuti. Hal itu tak terlepas dari banyaknya keberkahan saat waktu subuh. Kegiatan akan berganti dari satu masjid ke masjid yang lain.

‘’Waktu subuh itu banyak berkahnya. Kalau kemudian ditambah siraman rohani dan kegiatan dialog yang bermanfaat tentu akan semakin menambah keberkahan. Mari kita semua jadi pejuang subuh,’’ pungkasnya walikota yang juga menyerahkan bantuan APAR dan mesin pemotong rumput untuk warga lingkungan sekitar. (ws hendro/agi/diskominfo)