MADIUN – Kerja keras wajib disertai doa. Setidaknya hal itu yang dilakukan Pemerintah Kota Madiun melengkapi usaha keras pelaksanaan Sunday Market yang akan dimulai, Minggu (4/8) besok. Doa berbalut Salat Maghrib berjamaah berlanjut pembacaan Surat Yasin digelar, Jumat (2/8). Kegiatan sengaja dilaksanakan di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun yang menjadi lokasi Sunday Market.

KegiatanĀ berlangsung khusyuk lagi khidmat. Kegiatan diikuti seratusan masyarakat serta Forpimda. Walikota Madiun Maidi menyebut doa merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas semua nikmat dan kemudahan yang diberikan selama ini. Upaya yang dilakukan pemerintah selama ini cukup lancar. Mulai pembenahan awal Taman Lalu Lintas, penanaman sejuta bunga, lomba mural untuk menghiasi dinding tanggul taman bantaran, hingga sosialisasi kepada pedagang calon penghuni Sunday Market. Semua kegiatan yang terlewat nyaris tidak ada kendala. Semua diberikan kelancaran.

“Tanpa ridho dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, tentu semua ini akan sulit terwujud. Tak berlebihan kiranya kita berucap syukur dan terus memanjatkan doa,” kata walikota.

Doa sekaligus sebagai sarana bermunajat. Apalagi, masih banyak harapan pemerintah dan masyarakat yang belum terwujud. Terdekat, pemerintah bakal membuka Sunday Market. Harapannya jelas, kegiatan berlangsung lancar ke depan. Sunday Market bukan sekedar ajang jual-beli masyarakat. Namun, juga sarana edukasi dan wisata. Spot wisata baru bakal melengkapi fasilitas Taman Lalu Lintas. Salah satunya, wisata air. Dermaga akan ditambahkan. Namun, wisata hanya saat musim kemarau seperti ini.

Sunday Market juga sebagai media pembelajaran bagi masyarakat. Khususnya pedagang. Pedagang wajib menjaga kebersihan. Mereka yang tidak disiplin akan langsung digantikan pedagang lain. Lapak tidak boleh ditinggalkan kotor. Ini merupakan pembelajaran penting. Terutama terkait kedisiplinan.

“Tatkala ini sudah membudaya, mau berdagang dimana saja, besar kemungkinan akan berhasil. Hal-hal seperti ini harus terus dilatihkan,” ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)