Madiun – Diera keterbukaan informasi publik menuntut para aparatur negara untuk selalu meningkatkan kinerjanya, baik dari segi pelayanan maupun pemenuhan informasi bagi masyarakat. Salah satu upayanya dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk dapat mengakses informasi secara mudah, cepat dan murah.

Badan publik dituntut untuk update dalam mengelola informasi, yang mana peran ini tidak lepas dari keahlian dan keaktifan petugasnya dalam mengelola website pemerintah.

Sejalan dengan hal itu, Jumat (3/5) Dinas Kominfo Kota Madiun menghadiri Bimtek Teknis Jurnalistik bagi Petugas Pengelola Website. Acara yang dihadiri Kabupaten / Kota se Wilayah Kerja Bakorwil I Madiun ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis menulis berita tentang pelayanan publik di media online.

Kepala Bidang Pemerintahan Bakorwil I Madiun Samsul Hadi mengatakan peran dan fungsi pemerintah dalam mensosialisasikan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan sebagai salah satu langkah mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Saat ini masyarakat bisa mengakses informasi secara mudah melalui sentuhan jari dan menemukan informasi-informasi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjutnya, humas pemerintah harus bisa menjalankan tugasnya dalam menyusun informasi yang baik yang mana diperukan pemahaman, etika dan konsep jurnalistik sehingga kegiatan dan program pemerintah dapat disajikan secara utuh dan tidak menimbulkan multitafsir.

Sementara itu, Praktisi Komunikasi Zainal Arifin menjelaskan terkait format penulisan berita, jenis berita sebagai karya jurnalistik yang akan dipublikasikan di website.

Dalam Bimtek ini, Zainal Arifin juga menugaskan masing-masing admin yang hadir dalam bimtek untuk mempraktikkan secara langsung penulisan berita terkait pelayanan publik sebagai karya jurnalistik.