MADIUN – Kinerja DPRD Kota Madiun dalam melaksanakan fungsi legislasinya cukup baik tahun ini. Setidaknya, tujuh raperda inisiatif selesai. Tujuh raperda produk wakil rakyat itu akhirnya disetujui, Jumat (14/12). Raperda bakal segera dikirim ke gubernur untuk dievaluasi.

‘’Wakil rakyat selain memiliki fungsi pengawasan dan anggaran, juga wajib membuat peraturan sebagai bentuk pelaksanaan fungsi legislasi. Ini merupakan wujud kerja nyata DPRD dalam melaksanakan fungsi itu,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto usai Paripura Pengambilan Keputusan Walikota Madiun atas Tujuh Raperda Inisiatif DPRD, Jumat (14/12).

Tujuh raperda di antaranya, Raperda tentang tanggung jawab sosial perusahaan, penyelenggaraan warung internet, penyelenggaraan reklame, penataan dan penyelenggaraan usaha hiburan dan rekreasi, penyelenggaraan usaha makanan dan minuman, pengelolaan rumah susun sederhana sewa, dan Raperda tentang pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan dan permukiman kumuh.

Paripurna didahului dengan penyampaian pendapat dan sekaligus pendapat akhir. Tujuh raperda sudah cukup mengatur secara gamplang. Tak heran, tidak banyak pendapat yang mengemuka. Penandatangan dilakukan. Raperda selanjutnya bakal ditetapkan dan disahkan menjadi peraturan daerah (Perda).

‘’Ketujuh raperda ini penting dan perlu. Harapannya, nanti dapat melindungi dan bermanfaat untuk masyarakat,’’ ujarnya.

Ketua DPRD Kota Madiun Istono menambahkan tujuh raperda inisiatif ini berangkat dari fenomena di masyarakat yang ditangkap pihaknya. Dia tunjuk bukti raperda tentang warung internet yang harus segera diatur dengan jelas agar tidak disalahgunakan. Sebab, banyak muncul masalah warung internet yang digunakan tidak sebagaimana mestinya. Mulai berubah menjadi tempat mesum dan lain sebagainya.

‘’Begitu juga dengan raperda Rusunawa. Seperti diketahui, Kota Madiun memiliki rusunawa saat ini. Ini harus segera ada aturan yang mengaturnya. Jangan sampai nanti timbul masalah ke depannya,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik
#IndonesiaBicaraBaik