MADIUN – Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebentar lagi. Kenaikan sejumlah barang komoditi biasanya menyertai. Tak ingin berlarut, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Madiun segera mengantisipasi.

‘’Rapat kali ini untuk memetakan dan menentukan langkah antisipasi kalau kenaikan harga terjadi menjelang Natal,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat membuka rapat di ruang 13, Kamis (15/11).

Kondisi harga sembako sejatinya masih stabil. Kenaikan tercatat hanya pada telur ayam. Harga Telur naik dari Rp 19 ribu perkilogram menjadi Rp 21 ribu perkilogram kini. Sedang, beras, minyak, dan tepung masih normal. Bahkan, gula pasir cenderung turun harga. Kendati begitu, bukan tanpa antisipasi. Sejumlah langkah mengemuka. Mulai persiapan operasi pasar (OP), talk show, dan sosialisasi melalui iklan layanan masyarakat (ILM).

‘’Sejauh ini masih stabil. Tetapi kami tidak ingin terlena. Makanya harus dipersiapkan dari sekarang,’’ tegasnya.

Sekda Kota Madiun Rusdiyanto menyebut kenaikan harga telur lantaran berbagai hal. Mulai pelonjakan permintaan masyarakat dan harga pakan ayam yang juga naik. Namun, stok dipastikan aman. Pihaknya bersama TPID sepakat bakal memasukkan item telur ayam dalam operasi pasar yang dijadwalkan mulai awal Desember mendatang. OP, lanjutnya, memang baru sebatas beras dan minyak.

‘’Seperti yang mengemuka pada rapat, semua stok cukup dan aman. Baik itu untuk sembako maupun BBM dan LPG. Masyarakat tidak perlu khawatir,’’ terangnya.

Rapat sengaja melibatkan stake holder terkait. Mulai Bulog, Pertamina, BI Kediri, BPS, serikat pedagang, hingga organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Tim bakal turun langsung memantau harga di pasar ke depan. Ini juga sebagai pengawasan kemungkinan adanya penimbunan. Sekda memastikan tidak ada penimbunan sejauh ini. Satgas pangan bakal segera bertindak jika terdapat temuan maupun laporan.

‘’Sejauh ini dipastikan masih aman. Kota Madiun juga tercatat adanya penurunan tingkat inflasi. Artinya, upaya pengendalian selama ini cukup berhasil,’’ pungkasnya. (rahmad/agi/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaMadiunKarismatik