Seperti yang telah diketahui, kebutuhan komunikasi visual dalam penyampaian informasi dewasa ini tidak bisa dipungkiri. Bagaimana visual mampu menarik perhatian dari target audiencenya dan mampu menyampaikan pesan.

Salah satu komunikasi visual tersebut adalah melalui infografis. Infografis yakni penyajian informasi melalui grafis, ilustrasi maupun ikon yang menarik dengan tujuan menyampaikan informasi secara visual kepada audience.

Berikut disampaikan infografis tips membuat infografis yang menarik dan mampu meninggalkan jejak di benak pembacanya :

  • Warna

Dalam pembuatan infografis setidaknya warna yang akan digunakan tidak lebih dari 5-6 warna. Hal ini ditujukan agar infografis itu tidak terkesan ramai dan mengaburkan informasi yang ingin disampaikan. Penggunaan warna juga digunakan untuk menunjukkan informasi penting yang disampaikan, misal persentase data, gender dan sebagainya

  • Gunakan Tipografi yang menarik dan keluarlah dari zona nyaman. 

Sebagian orang nyaman dengan penggunaan font tertentu misal tahoma, helvetica, dan sebagainya. Padahal seperti yang diketahui dalam tipografi atau seni memilih font maupun pengaturan penulisannya mengenal ada ribuan jumlah font dan pengaturannya. Kita hanya tinggal mengetahui penggunaan masing – masing font untuk tema – tema tertentu.

  • Tata Letak

Pengaturan tata letak yakni pengaturan ikon, simbol, tulisan maupun ilustrasi yang digunakan dalam satu halaman infografis yang akan digunakan. Bagaimana pengaturan elemen  elemen infografis tersebut tepat, dan seimbang.. Selain itu tempatkan juga informasi sesuai dengan hirarki misal jika infografis mengenai life cycle  pastikan sesuai urutan informasinya. Pengaturan letak elemen ini juga merupakan penentu dari keberhasilan komunikasi visual tersebut.

  • Ruang

Dalam membuat infografis tentu harus selekstif dengan data dan informasi yang ingin disampaikan. Sebelum membuat ifografis tentukan tujuan informasi apa yang ingin disampaian, data apa yang harus disajikan. Sesuaikan dalam 1 halaman infografis mampu memuat data dan info sehingga tujuan pembuatan infografis tercapai. Pastikan antara ikon, simbol, tulisan maupun ilustrasi tidak terlalu sesak dan proposional. 

  • Ilustrasi dan Ikon

Ilustrasi digunakan untuk mendukung isi cerita yang disampaikan di infografis. Penggunaan ilustrasi yang tidak mendukung dan justru keluar dari tema sebaiknya dihindari karena justru membuat pesan menjadi ambigu. Begitupun juga ikon. Gunakan ikon yang mudah dipahami dan tidak asing olehh target audiencenya

  • Keep it Simple/ Sederhana

Pastikan infografis tetap tersaji sederhana namun informasi yang disampaikan tetap akurat. Desain 3D maupun elemen asing sebaiknya dihindari.