Perkembangan teknologi saat ini juga menuntut pengguna informasi mengasah kemampuan menggunakan media – media komunikasi yang interaktif dalam penggunaan agar informasi yang ingin disampaikan dapat tertangkap pada segmen yang diinginkan.

Salah satunya melalui komunikasi visual. Mengapa visual??? Salah satunya metode peyampaian informasi menggunakan visual lebih mudah ditangkap oleh otak dibandingkan penyampaian informasi menggunakan teks.

Selain itu komunikasi visual lebih efektif dalam penyampain pesan dikarenakan sebagai berikut :

  • Komunikasi visual menghemat waktu dengan penyampaian informasi yang lebih cepat.

Kita bisa merasakan pemandangan visual dalam waktu kurang dari 1/10 detik. Statistik telah menunjukkan bahwa visual diproses 60.000 kali lebih cepat di otak daripada teks. Gambar dan video menyampaikan pengalaman yang lebih kaya daripada konten teks yang berat. Dalam lingkungan media yang penuh dengan kekacauan, perhatian pembaca sulit diperoleh, dan bahkan lebih sulit dipertahankan. Akibatnya, pembaca sering memilih untuk memindai konten daripada membaca kata demi kata. Menjaga materi sarat dengan visual adalah cara pasti untuk menyampaikan pesan dalam waktu yang lebih singkat.

  • Komunikasi visual memastikan bahwa pesan yang jelas tersampaikan.

Teks biasanya lebih berat dan menimbulkan persepsi yang berbeda satu sama lainnya, sedangkan dalam suatu waktu tertentu penting bagi pembaca untuk menafsirkan makna yang sama. Sehingga komunikasi visual meminimkan perbedaan pendapat yang menyebabkan kegagalan komunikasi.

  • Komunikasi visual membantu memberikan pengalaman yang dapat dibagi bersama secara konsisten.

Bagian penting dalam menghadirkan pengalaman yang konsisten dengan visual adalah branding. Selain logo, banyak organisasi telah mendefinisikan warna merek yang harus digunakan dalam semua aktivitas pemasaran. Logo, warna, font, grafik, ikon, dan citra, yang sesuat dengan perusahaan anda, membuat merek anda dikenali. Aktivitas branding yang efektif untuk menggunakan komunikasi visual yang konsisten adalah cara terbaik untuk memanfaatkan ekuitas merek Anda saat meluncurkan ke pasar baru.

  • Komunikasi visual menghasilkan resistensi informasi yang lebih baik.

Penggunaan visual, membantu penonton mengingat informasinya dengan lebih efektif. Alasannya adalah bahwa gambar langsung disimpan dan disimpan ke memori jangka panjang, sedangkan kata-kata hanya sampai ke memori jangka pendek. Sebuah artikel tentang pembelajaran aktif menemukan bahwa setelah 2 minggu, hanya 10-20% teks (atau kata yang diucapkan) yang diingat, dibandingkan dengan informasi visual, di mana menggunakan visual, membantu penonton mengingat informasinya dengan lebih efektif. Alasannya adalah bahwa gambar langsung disimpan dan disimpan ke memori jangka panjang, sedangkan kata-kata hanya sampai ke memori jangka pendek. Sebuah artikel tentang pembelajaran aktif menemukan bahwa setelah 2 minggu, hanya 10-20% teks (atau kata yang diucapkan) yang diingat, dibandingkan dengan informasi visual, di mana 50% konten diingat.

 

Berikut materi lainnya tentang mengapa harus komunikasi visual???

Komunikasi Visual. Infografis dan Videografis