Dewasa ini penggunaan internet tidak dalam berbagai aspek kehidupan tidak bisa dihindari lagi. Tercatat 132, 7 juta orang menggunakan internet dalam memperoleh informasi yang dibutuhkannya. Namun tanpa disadari juga dari informasi yang diperoleh melalui penggunaan internet tersebut merupakan HOAX (informasi yang tidak benar kebenarannya).

Sehingga peran individu dalam menyaring informasi yang diperolehnya melalui internet sangatlah penting. Salah satu upaya untuk menyaring mana informasi yang benar dan mana yang hoax adalah dengan meningkatkan kemampuan literasi digital.

 Berdasarkan hasil penelitian dari APJII dan Kominfo 2016, alasan utama penggunaan internet adalah 25,3% masyarakat menggunakan internet untuk update informasi, 20,8 % karena keperluan, 13,5% untuk menghabiskan waktu luang, 10,3% untuk melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, 9,2% keperluan pendidikan, 8,8% untuk hiburan dan 8,5% untuk keperluan bisnis.

Sedangkan langkah literasi digital yang dapat dilakukan untuk menyaring informasi agar informasi yang diperoleh tidak terjebak dalam informasi hoax adalah sebagai berikut :

  • Cek sumber berita

Pastikan sumber berita dari informasi adalah sumber yang kredibel dan dapat dipercaya.

  • Berbagi informasi

Berbagi informasi disini dalam pengertian menanyakan kepada yang ahli apakah berita/ informasi tersebut benar adanya.

  • Jangan terprovokasi

Terkadang ada informasi yang sengaja dibuat untuk memancing emosi dari pembacanya dengan maksud dan tujuan tertentu. Pastikan bersifat netral  dan tidak mudah terprovokasi.

  • Bandingkan informasi

Bandingkan informasi dengan informasi dari sumber lainnya. Cek secara jeli dan bila perlu gunakan tool google untuk mencari informasi lainnya yang serupa.

  • Perbanyak membaca

Dengan memperbanyak membanca akan menambah referensi dalam memilah informasi mana yang benar maupun informasi yang tidak benar. Membaca juga mampu menambah kemampuan pengetahuan kita sehingga tidak terpatri pada satu informasi saja.

Dengan berlaku bijak dalam menggunakan internet, mewaspadai informasi hoax dan menumbuh kembangkan budaya membaca secara tidak langsung akan berkontribusi membangun negeri ini dengan menghadirkan informasi yang mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).