MADIUN – Keluarga merupakan pondasi penting keutuhan bangsa. Keluarga harmonis, negara juga semakin kuat. Tak heran, pesan penguatan pada setiap keluarga terus digaungkan. Bahkan, diperingati setiap tahunnya. Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo menyebut peringatan baiknya bukan sekedar seremonial. Namun, wajib melaksanakan apa yang menjadi makna dari peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tersebut.

‘’Peringatan ini merupakan pengingat bagi kita semua. Keluarga bukan hanya membina rumah tangga. Namun, berkontribusi bagi keutuhan bangsa. Mari kita jaga bersama,’’ katanya saat gala dinner peringatan Harganas ke-25 di Aston Hotel, Kamis (13/7/2018).

Peringatan, kata dia, tidak perlu berfoya-foya. Sigit menyebut peringatan yang bersifat hura-hura wajib dihilangkan. Sebaliknya, peringatan baiknya banyak diisi dengan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat. Banyak berinteraksi langsung. Masyarakat akan bosan mendengarkan orang berpidato. Pun, pesan yang disampaikan belum tentu dapat diterima. Giat seremonial cukup dipadatkan pada saat gala dinner seperti malam ini.

“Penyampaian pesan keharmonisan dalam keluarga ini harus dengan berbagai cara. Tidak hanya materi, tetapi juga aksi,” ujarnya.

Ini penting karena keharmonisan dalam keluarga mulai terkikis. Banyak dalam satu keluarga yang jarang bertatap muka. Orang tua kelewat sibuk bekerja. Sang anak padat jadwal les. Rutinitas juga berlangsung pada saat hari libur. Ironisnya, ketika berkumpulpun masih sibuk dengan aktivitas masing-masing. Sama-sama pegang handphone.

“Menjaga keutuhan dalam keluarga menjadi tanggung jawab bersama. Tak heran, ini menjadi tema peringatan Harganas kali ini,’’ ujarnya sembari menyebut tema Hari Keluarga, Hari Kita Semua.

Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto menyebut bakal sejalan dengan pemerintah pusat. Pesan untuk menjaga keharmonisan keluarga pastinya juga bakal digaungkan di Kota Madiun. Berbagai upaya sudah dan tengah dilakukan melalui Dinas Kesehatan dan KB serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mewujudkan itu.

“Pastinya pemerintah daerah dengan pusat harus segaris sejalan. Apa yang menjadi instruksi pastinya akan kami teruskan dan ditingkatkan,” ujarnya. (ws hendro/agi/dsikominfo)