MADIUN – Masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya masuk SD dan SMP melalui jalur prestasi kudu segera bersiap. Pasalnya, rangkaian proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur tersebut dimulai besok, Jumat (22/6/2018).

‘’Bagi yang akan melalui jalur prestasi, sertifikat maupun piagam prestasi silahkan untuk melakukan legalisir mulai besok (22/6),’’ kata Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi, Kamis (21/6/2018).

Sebab, berkas pendaftaran jalur prestasi membutuhkan salinan sertifikat atau piagam dengan legalisir Dindik. Selain itu, tidak akan diterima. Sedang, berkas asli baru ditunjukkan saat proses daftar ulang 29-30 Juni mendatang. Jadwal legalisir dan permohonan rekomendasi dibuka selama dua hari. Yakni, 22-23 Juni.

‘’Saat meminta legalisir harus membawa berkas asli sebagai bukti,’’ ujarnya sembari menyebut pelayanan sepenuhnya di kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun.

Hariyadi menyebut proses legalisir hanya pada dua hari yang telah dijadwalkan. Di luar itu tidak akan dilayani. Sebab, jadwal sudah PPDB sudah berganti dengan agenda lain setelahnya. Pendaftaran dan seleksi jalur prestasi dimulai 25-26 Juni mendatang untuk tingkat SMP. Sedang, tingkat SD berbarengan dengan jadwal jalur zonasi pada 3-5 Juli mendatang.

‘’Untuk jenjang SMP kami jadwalkan terpisah. Tetapi untuk yang masuk SD serentak pada saat pendaftaran jalur zonasi,’’ ujarnya.

Hariyadi menyebut semua sekolah wajib membuka jalur prestasi. Sebab, setiap sekolah memiliki unggulan masing-masing. Dia tunjuk bukti SDN 1 Nambangan Kidul yang moncer dengan prestasi seni-budayanya. Pastinya, terdapat calon peserta yang memiliki prestasi di bidang seni budaya. Begitu juga dengan sekolah lain yang juga memiliki unggulan prestasi masing-masing. Pihaknya membuka kuota sepuluh persen untuk jalur prestasi.

‘’Untuk tingkat SD tetap terbagi dalam tiga zona sesuai kecamatan. Aturan ini tetap berlaku bagi peserta yang masuk melalui jalur prestasi,’’ terangnya sembari menyebut hanya ada satu zona untuk SMP.

Peserta, kata dia, diperbolehkan melamar pada sekolah di luar zona. Namun, harus bersaing dengan peserta dari luar daerah. Pun, kuotanya cukup kecil. Hanya lima persen dari pagu yang dibuka. Tak heran, kesempatan cukup kecil dan harus bersaing dengan peserta dari luar daerah.

‘’Untuk peserta luar daerah hanya ada jalur prestasi. Tidak diperbolehkan ikut jalur zonasi. Ini juga berlaku untuk jenjang SMP,’’ tegasnya.

Sistem jalur prestasi juga menerapkan sistem rangking jika peserta melebihi pagu. Yakni, akumulasi nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) ditambah dengan nilai prestasi yang dimiliki. Semakin tinggi tingkat prestasinya, semakin tinggi poin yang didapat. Peserta dapat meminta penjelasan petugas jika dirasa belum ada yang belum jelas.

‘’Ini belum termasuk aturan yang termasuk calon peserta PPDB dan sebaliknya. Masyarakat dapat datang melihat di papan pengumuman kantor Dindik,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday).

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait PPDB tingkat TK, SD, dan SMP silahkan tunggu postingan-postingan di madiuntoday berikutnya. PPDB ini bakal diulas secara ekslusif melalui pemberitaan tulis maupun video.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#DBHCHT2018

sumber : https://www.facebook.com/madiuntoday.id/