MADIUN – Keberadaan tempat ibadah umat muslim di Kota Madiun terus bermunculan. Teranyar, Masjid Baiturrahman di Kelurahan Kejuron, Taman ini. Masjid dua lantai tersebut resmi menambah sarana peribadahan umat muslim di kota pecel, Jumat (2/6/2018). Peresmian dilakukan langsung Walikota Sugeng Rismiyanto.
 
‘’Dengan bertambah tempat ibadah, harus bertambah pula keimanan dan ketaqwaan. Pemerintah pada prinsipnya mendukung selama itu memberikan manfaat kebaikan kepada masyarakat,’’ kata walikota.
 
Dukungan pemerintah terkait bidang keagamaan beragam. Salah satunya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Madiun. Berbagai program diberikan. Mulai Madiun Cerdas dengan bantuan beasiswa kepada keluarga pelajar kurang mampu, Madiun Peduli dengan program bantuan akibat bencana, Madiun Makmur dengan bantuan alat usaha dan permodalan kepada keluarga fakir miskin, dan Madiun Taqwa yang memfasilitasi masyarakat dengan pembelajaran ilmu agama.
 
‘’Sama dengan program yang dimiliki masjid ini. Pemerintah juga memiliki beberapa program yang tujuannya sama. Yakni, demi kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya.
 
Selain itu, pemerintah melalui Dinas Pendidikan setempat juga memberikan bantuan beasiswa khusus mahasiswa. Sebanyak 250 paket disiapkan. Setiap mahasiswa mendapat bantuan uang kuliah Rp 750 ribu setiap bulan sampai lulus. Lagi-lagi bantuan diprioritaskan untuk keluarga kurang mampu dan berprestasi. 
 
‘’Bagi keluarga yang kurang mampu, jangan takut untuk melanjutkan keperkuliahan. Silahkan ini dimanfaatkan,’’ ujarnya sembari menyebut beasiswa ini merupakan upaya pemerintah memutus silsilah kemiskinan di Kota Madiun.
 
Ketua Panitia Peresmian Masjid Baiturohman Muryadi menyebut kegiatan di masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah wajib. Namun, juga memiliki program yang selaras dengan pemerintah. Mulai peduli yatim duafa, bantuan pelajar kurang mampu, hingga kegiatan kerohanian seperti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan majelis taklim. 
 
‘’Kami juga memiliki program hafalan Alquran dengan sistem akselerasi. Yakni, satu minggu bisa satu sampai dua juz hafalan,’’ ungkapnya. 
 
Peresmian yang juga dihadiri Wakil Walikota Armaya, Pj Sekda Rusdiyanto, Ketua DPRD Istono, serta Ketua MUI Sutoyo tersebut juga diisi dengan penyerahan bantuan kepada anak yatim piatu. (dhevit/agi/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun