MADIUN – Pancasila memiliki peranan penting bagi Bangsa Indonesia. Menjadi dasar negara, jiwa, kepribadian, perjanjian luhur, pandangan hidup, serta ideologi bangsa. Tak heran, Pancasila wajib melekat dalam jiwa. Berbagai cara dilakukan. Salah satunya, dengan memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni.

Di kota Madiun, peringatan berlangsung khidmat melalui upacara bendera, Jumat (1/6/2018). Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto menyebut momentum bukan hanya sebagai pengingat. Namun, merupakan kesempatan untuk memacu semangat. Terutama dalam mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila di dalam diri setiap warga Negara Indonesia.

‘’Tugas dan tanggung jawab sebagai bangsa Indonesia harus memastikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran untuk selalu bersatu, berbagi, dan berprestasi,’’ ujar walikota yang membacakan sambutan Presiden Joko Widodo saat upacara tersebut.

Pancasila, lanjutnya, sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Selain itu Pancasila merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Bangsa Indonesia mendapat falsafah dan dasar negara dengan lima sila yang terkandung dalam Pancasila.

Pancasila, lanjutnya, harus ditanamkan dalam diri. Sebab, dapat memberikan pemahaman manusia didalam hidupnya dalam bernegara. Selain itu menjadi pedoman yang harus dihayati dan diamalkan karena didalam tubuh Pancasila terdapat nilai-nilai holistik yang menyeluruh.

‘’Inilah yang seharusnya terus digelorakan dan sebagai pendidikan yang tidak boleh diabaikan pemahamannya,’’ pungkasnya.

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun