MADIUN – April identik dengan bulan perempuan. Itu karena setiap tanggal 21 masyarakat Indonesia memperingati hari Kartini. Yakni, sebagai pahlawan pelopor emansipasi wanita.
 
Kartini tak pernah putus asa untuk terus memperjuangkan pendidikan bagi perempuan. Juga, kesempatan agar kaumnya dapat menyalurkan bakat sama seperti laki-laki. Dengan kegigihannya itu, akhirnya perempuan bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan kaum pria.
 
Memaknai semangat Kartini, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto melalui Sekda Rusdiyanto mengajak para lansia untuk terus menularkan energi positif. Terutama dalam hal menjaga kebugaran tubuh. ‘’Bapak Ibu juga bisa jadi pelopor seperti Kartini bagi anak muda,’’ tuturnya dalam sambutan kegiatan senam lansia se-Kota Madiun di Stadion Wilis, Jumat (20/4).
 
Olahraga penting dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka akan semakin mudah orang untuk berkarya. Begitu pula para lansia. Umur yang tak muda lagi bukan berarti berhenti menjadi produktif. ‘’Mari jaga tubuh ini supaya tetap bugar,’’ ujarnya.
 
Tak lupa pula, Rusdiyanto mengajak para lansia untuk terus berdoa dan berusaha agar Kota Madiun semakin maju, adil, makmur, dan sejahtera.
 
Dalam kegiatan tersebut, ratusan lansia di Kota Madiun mengikuti kegiatan senam bersama. Selama satu jam, mereka dipandu dalam gerakan mirip aerobik. Namun, dengan tempo yang lebih lembut. Mulai dari pemanasan, gerakan inti, hingga pendinginan.
 
Tak hanya senam bersama, kegiatan juga diisi dengan cek kesehatan gratis bagi para lansia. Cek kesehatan meliputi tes tensi darah dan kadar gula darah. (WS. Hendro, irs/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun