BATU – Rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) bukan hanya untuk kepala daerah. Tapi juga untuk para istri. Perempuan-perempuan pendamping kepala daerah anggota Apeksi Regional IV tersebut juga melaksanakan sejumlah kegiatan yang dikemas dalam Ladies Program. 
 
Mulai optimalisasi peran ibu dalam pendidikan anak hingga pemanfaatan barang bekas menjadi karya seni bernilai tinggi. Puluhan ibu-ibu tampak serius mengikuti kegiatan demi kegiatan di Balai Kota Among Tani Batu tersebut. 
 
‘’Kegiatan bagus dan bermanfaat. Seperti dalam mendidik anak. Seorang ibu memang harus update informasi agar dapat menyesuaikan dengan era,’’ kata Sri Ismah Sugeng Rismiyanto, istri Walikota Madiun usai acara, Rabu (18/4/2018).
 
Peserta mendapat dua materi menarik sekaligus. Pertama soal bahaya gadget terhadap anak dan pemanfaatan botol plastik bekas. Seorang ibu, kata dia, wajib melek teknologi dan informasi. Sebab, informasi mudah diakses sekarang ini. Baik yang positif maupun negatif. Anak-anak mudah mengaksesnya dengan piranti gadget. 
 
‘’Kami mendapat banyak ilmu terkait bagaimana menggunakan gadget yang bijak kepada anak. Tidak harus dilarang, tapi harus diawasi, didampingi, dan dikontrol,’’ ujarnya sembari menyebut ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau penggunaan gadget pada anak.
 
Materi kedua tak kalah menariknya. Peserta disuguhkan pemanfaatan barang-barang bekas menjadi karya seni. Salah satunya, pemanfaatan botol plastik air mineral menjadi mobil-mobilan. Lagi-lagi, seorang ibu kudu kreatif. Seorang ibu dapat melibatkan anaknya untuk belajar sambil bermain dengan membuatnya bersama. Ini, lanjutnya, berkaitan dengan materi sebelumnya. 
 
‘’Ini dapat mengurangi ketergantungan anak pada gadget. Selain menekan pengaruh negatif gadget, kegiatan juga bisa mengasah keterampilan anak,’’ ungkapnya.
 
Sri Ismah mengapresiasi langkah tuan rumah Apeksi yang menyuguhkan kegiatan bermanfaat. Bukan hanya kegiatan berkaitan dengan pemerintahan. Namun, juga hal bermanfaat diluar kegiatan inti Apeksi. 
 
‘’Prinsipnya kegiatan bagus dan bermanfaat. Selamat kepada Kota Batu,’’ pungkasnya. (rama/agi/diskominfo).
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun