Pengajian Umum Peringatan Nuzulul Quran Ramadhan 1438H / 2017M

Madiun – Bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah momen spesial, bukan cuma karena di bulan ini seorang muslim yang tidak berhalangan menjalankan puasa selama 30 hari penuh. Tetapi juga karena di bulan ini ada dua peristiwa yang berkaitan dengan Alquran, mukjizat terbesar yang diturunkan untuk Nabi Muhammad SAW. Peristiwa pertama adalah Nuzulul Quran (Turunnya Alquran), dan peristiwa kedua adalah Lailatul Qadar (Malam Kekuatan).

Nuzulul Quran menjadikan bulan Ramadhan semakin istimewa dibandingkan bulan-bulan lain dalam kalender Hijriyah. Nuzulul Quran, atau peristiwa turunnya wahyu Alquran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira, diyakini terjadi pada 17 Ramadhan di tahun yang bertepatan dengan 610 Masehi. Dalam pewahyuan pertama ini, Rasulullah SAW mendapat perintah langsung dari Allah untuk “Iqra!” (Bacalah).

Pada Ramadhan hari ke 18 tahun ini Pemerintah Kota Madiun menggelar pengajian umum dalam rangka memperingati Nuzulul Quran Ramadhan 1438H dengan menghadirkan Al muqarom Drs. KH. M. Zainur Roziqin, MM, M.Pd bertempat di aula wisma haji Jl Ringroad Barat Kota Madiun (13/6).

1000 undangan perwakilan dari setiap OPD, Guru TPA dan perwakilan Guru Sekolah SD dan SMP serta perwakilan dari Dinas lain memadati aula wisma haji untuk mendengarkan tauziah dari Al Muqarom.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan Alat Musik Hadrah kepada kelompok Hadrah Al Muttakin dari Manisrejo, Kelompok Hadrah Sabillilah dari Manisrejo dan Kelompok Hadrah Jamiatul quro dari Kelurahan Oro-oro Ombo Kota Madiun.

Wakil Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan bahwa bantuan alat hadrah yg diberikan tersebut jangan dilihat dari harganya. “Bantuan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota kepada masyarakatnya, khususnya bagi umat Islam”, tuturnya. Wawali juga mengajak agar selalu senantiasa mendalami, mempedomi dan mengamalkan apa yg terkandung di dalam Al qur’an. “Mari kita semua selalu meningkatkan ibadah kita pada bulan Ramadhan ini, salah satunya adalah dengan mengamalkan apa yang terkandung di dalam Al Qur’ an”, kata beliau. Lanjut Sugeng juga mengajak kepada masyarakat Kota Madiun untuk selalu menjaga keamanan di lingkungannya masing masing. “Saat Pilkada tahun depan mari kita selalu dan sama sama menjaga kondusifitas di Kota Madiun saat Pilkada berlangsung” imbuhnya.

Pada Pengajian Nuzulul Quran kali ini juga dihibur oleh Group Musik Hadrah “Ki Ageng Kramat” dari Kelurahan Rejomulyo Pimpinan H. Kusnan. (kmf)