Madiun – Bimbingan Teknis Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Madiun, hari ini, senin (12/6) untuk mendapatkan kesamaan pandangan/persepsi dalam mengambil langkah-langkah yang strategis penyusunan analisis jabatan dan analsis beban kerja, serta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun.

Acara diselenggarkan selama 2 hari ini bertempat di Aula Gedung Diklat Pemerintah Kota Madiun dan diikuti oleh 137 orang yang terdiri dari pejabat dan staf pada OPD dilingkungan Pemkot Madiun.

Sugeng Rismiyanto, Wakil Walikota Madiun saat membuka acara mengatakan keharusan untuk dapat melakukan analisa jabatan dan sekaligus beban kerja dari masing – masing OPD.

Lebih lanjut Ini dimaksud agar tersusun analisis jabatan dan beban kerja guna merumuskan butir-butir informasi jabatan yang berupa uraian jabatan, peta jabatan serta perhitungan beban kerja pada setiap jabatan.

Sugeng menambahkan bahwa setiap pejabat eselon di lingkungan Pemkot Madiun harus memiliki kompetensi-kompetensi tertentu seperti memiliki sertifikat pengadaan barang jasa.

“Mau jabatannya harus memiliki dasar teknis kompetensi tertentu, kalau belum punya (kompetensi) harus mengikuti diklatnya” tutur Wawali.

Ditemui setelah acara, Wawali ketika ditanya mengenai kinerja dari pegawainya di lingkungan Pemkot Madiun mengatakan bahwa ASN Pemkot Madiun sudah professional dan proporsional tetapi harus diikuti dengan penyerapan anggaran yang digunakan untuk masyarakat langsung maupun didalam pelayanan.

“Sudah cukup professional, tetapi harus diikuti dengan penyerapan anggaran maksimal, kalau silpa semakin besar maka pembangunan di Kota Madiun belum memenuhi hak-hak dari masyarakat.” Jelas Sugeng.

Sementaa itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Madiun, Dyah Indrianita Prabandari mengatakan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja untuk menciptakan formasi kebutuhan dan jenis jabatan disetiap unit kerja pada Perangkat Daerah.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Trisno Winoto yang menjabat Kepala Sub. Bagian Analisa dan Formasi Jabatan dan juga bertindak sebagai narasumber kegiatan ini, serta kepala OPD se Kota Madiun. (Kmf)